Thursday, June 11, 2015

DIY Stand Banner

Minggu ini aku rencananya membuat semacam stand publikasi/banner daganganku dan teman-temanku. Berhubung rencananya cuma dipakai sekali karena kita tidak berdagang selama bulan puasa, aku berpikir untuk mendesain stand yang simpel. Ada ide lain seperti membuat dari kardus yang ditumpuk, whiteboard atau papan gabus yang disenderkan ke meja, sampai menyelundupkan properti publikasi kantor (upss...). Dari semua itu aku terpikat dengan ide stand banner dari pipa paralon. Aku tertarik karena cara membuatnya yang mudah dan dapat dipakai lebih dari sekali. Meskipun teman-temanku agak tidak setuju dengan ide tersebut karena alasan yang menurut aku 'engga banget', aku ingin simulasi bagaimana kalau stand ini benar-benar dibuat. Siapa tau informasi bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

Stand banner yang akan dibuat sesuai dengan gambar dibawah.


Untuk dapat membuatnya, pertama-tama kita harus membeli bahan mentahnya yaitu pipa paralon warna putih/abu-abu sesuai selera dengan diameter 1/4 inch atau 1/5 inch. Ukurannya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sebagai informasi, panjang 1 ruas pipa adalah 4 meter, jadi dengan asumsi kita akan membuat banner dengan tinggi 1,5 meter dan lebar 1 meter maka diperlukan 3 ruas pipa. Untuk menyambung pipa-pipa tersebut, maka diperlukan fitting pipa bentuk "L" sebanyak 2 buah dan fitting bentuk "T" sebanyak 6 buah. Tinggal potong pipa sesuai kebutuhan dan dirakit, jadi deh stand-nya. Supaya portable, sambungannya tidak perlu dilem sehingga bisa dilepas setalah selesai digunakan. Simpel kan.

Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk membuat adalah sbb.
3 ruas pipa pvc 1/4 inch sekitar 45.000
2 buah fitting "L" sekitar 3.000
6 buah fitting "T" sekitar 12.000
Gergaji besi untuk memotong pipa 10.000
Tambahan : cat plastik agar warna pipa sesuai selera sekitar 20.000

Total biaya yang dikeluarkan adalah 90.000

Selamat mencoba!!

No comments:

Post a Comment